Pariwisata Indonesia saat Pandemi

Harris Hotels

Alhasil dengan dioperasionalkannya bandara YIA, akses pintu masuk wisatawan mancanegara semakin terbuka. Apalagi juga ada dukungan infrastruktur dan daya dukung pariwisata yang lain. Seharusnya, regulator mengimbangi penyiapan masyarakat dengan ketersediaan objek wisata serta perangkat aturan yang berpihak pada pengembangan industri pariwisata, sebaga industri, “gabungan produk yang nyata dan tidak berwujud”. Pengayoman dari pemerintah dan tokoh masyarakat sekitar diharapkan dapat membuka jalan untuk pengembangan potensi masyarakat Bali.

Candi Buddha yang yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah ini adalah monumen Buddha terbesar di dunia. Masuk ke dalam Situs Warisan Dunia, pada tahun 2019 hampir 4 juta wisatawan mengunjungi Borobudur, baik turis lokal maupun mancanegara. Fadjar pun menjelaskan dana hibah ini digunakan “untuk peningkatan implementasi CHSE guna meningkatkan kesiapan daerah dan industri pariwisata di daerah dalam menerapkan protokol kesehatan.” Oleh karena itu, fokus pada mempelajari Bahasa Inggris akan membantu mengatasi keadaan ini. Halangan bahasa ini adalah alasan mengapa sejumlah warga Singapura lebih memilih Malaysia ketimbang Indonesia sebagai tempat tujuan wisata mereka.

Bagaimana keadaan pariwisata Indonesia

Photo by Darren Halstead on UnsplashBeberapa negara seperti Amerika Serikat bahkan memberlakukan journey ban untuk memperlambat penyebaran virus corona. Kunci dari kesuksesan sektor pariwisata adalah mengenali Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 potensi wisata daerah. Tiap-tiap daerah di Indonesia telah dibekali keberagaman budaya maupun alam yang berbeda-beda, potensi budaya dan keindahan alam merupakan anugrah yang diberikan untuk bumi pertiwi.

Keberadaan bandara YIA, akan menjadikan lompatan wisatawan yang datang ke Yogyakarta semakin besar karena keterbatasan bandara Adisucipto. Dengan selesai dibangunnya YIA, akan menjadikan akses dari luar negeri semakin mudah. Sepanjang 2016 Indonesia berhasil menorehkan 46 penghargaan di 22 negara. Sedang sepanjang 2017 Indonesia tercatat mendapatkan 21 penghargaan di 10 negara. Dan hingga September 2018, Indonesia kembali menorehkan prestasi dengan mendapatkan 31 penghargaan di berbagai ajang di 9 negara.

Bantuan tersebut masuk dalam kelompok bantuan sektoral kementerian/lembaga serta pemda dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional 2020. Kemenparekraf mengeluarkan sertifikat CHSE untuk meningkatkan kepercayaan wisatawan terhadap destinasi dan industri pariwisata Indonesia. “Bapak Wakil Presiden memiliki program Dewa Dewi, yaitu Desa Wisata Agro dan Desa Wisata Industri. Sektor ini dapat menghidupkan ekonomi desa dan melahirkan lapangan kerja bagi warga setempat dan menghidupkan UMKM,”kata Guntur Subagja yang juga Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI. Organisasi yang beranggotakan para pelaku industri pariwisata dan usaha mikro keci menengah ini siap menjadi motor untuk membangkitkan industri pariwisata nasional.

Besarnya dampak pembatasan kegiatan pariwisata terhadap perekonomian daerah membuat sejumlah wilayah mulai bersiap untuk membuka kembali aktivitas di sektor tersebut. Selama ini, Pulau Dewata menggantungkan mayoritas pendapatan daerahnya terhadap sektor pariwisata. Otomatis, pembatasan kegiatan wisata mempengaruhi keuangan mereka sejak pandemi Covid-19 melanda dunia. Selanjutnya untuk Manado, Nia menyebutkan dampak begitu terasa lantaran pasar wisatawan terbesar di sana berasal dari China.

UNWTO mendukung sepenuhnya implementasi teknologi pada pengembangan pariwisata di Indonesia yang sejalan dengan visi UNWTO. “Sustainable Tourism Development di Indonesia juga sangat diapresiasi UNWTO melalui pengembangan 5 Sustainable Tourism Observatories yang terus mengalami perkembangan yang sangat baik. Diharapkan pertemuan ini semakin mempererat hubungan antara Indonesia dan UNWTO,” kata Arief Yahya.

Salah satu contohnya adalah program Jendela Nusantara yang pernah diadakan tahun lalu oleh Kementerian Pariwisata. Titik kedatang kedua adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, terletak dekat dengan Ibukota Jakarta. Banyak turis memulai liburan mereka dengan tinggal beberapa hari di Jakarta sebelum berkunjung ke wilayah-wilayah lain dari Indonesia. Jakarta juga merupakan pusat ekonomi dari Indonesia dan, walaupun dilarang oleh hukum, banyak pengunjung asing yang menggunakan visa turis untuk berpartisipasi dalam pertemuan ataupun even bisnis di Jakarta.