Pariwisata Indonesia saat Pandemi

Industri Pariwisata Indonesia Hasilkan Devisa Rp450 Triliun

Pariwisata daerah adalah salah satu faktor utama dalam membantu percepatan pembangunan. Selain itu, citra suatu daerah juga sangat ditentukan oleh sektor pariwisatanya. Masyarakat luas bakal menilai suatu daerah layak atau tidak untuk dikunjungi biasanya dari impresi sewaktu berwisata.

“Pariwisata minat khusus di Kota Depok masih berada di sektor Situ dan Sungai, ini yang akan terus kami dorong untuk normalisasi dan revitalisasi supaya wisatawan semakin banyak datang ke Depok,” katanya. “Kami mengajak semua elemen masyarakat bisa memberikan kemajuan pariwisata di daerahnya masing-masing,” Deposit Pulsa Tanpa Potongan katanya. Wisata alam dan wisata buatan merupakan salah satu peluang untuk berkreasi dan mendapatkan pekerjaan. “Kami harap adanya perlu peran Walikota untuk menggaet investor besar agar investasi di Depok. Karena apabila hanya mengandalkan pelaku UMKM tidak akan bisa berkembang,” ujarnya.

Apakah industri pariwisata berpotensi

Bekraf merupakan lembaga non kemen­trian dan dibentuk pada tanggal 20 Januari 2015 melalui Peraturan Pre­siden Republik Indo­nesia No­mor 6 tahun 2015 tentang Badan Ekonomi Kreatif. Kawasan wisata Indonesia cukup beragam sehingga wisatawan dapat memilih sesuai keinginan. Contoh­nya Bali yang menawarkan wisata budaya, Danau Toba dengan kalde­ra­nya, Lombok dengan wisata halal, Candi Borobudur dengan situs seja­rah penganut agama Buddha dan masih banyak lagi jenis wisata di Indonesia. Tawaran jenis wisata yang beragam menjadikan pariwi­sata Indonesia memiliki nilai tam­bah yang tidak mentok pada satu wisata saja.

Walaupun, saat ini situasinya sedang tidak mudah karena pandemi, sehingga menjadi tantangan berbagai pihak untuk mencari cara atau solusi untuk menghadapi krisis saat ini. Italia dan Spanyol kemungkinan akan bersusah-payah mendapatkan pendapatan pariwisata saat mimpi buruk virus corona berakhir. Apabila kamu ingin membantu tempat-tempat tujuan yang terkena dampak virus corona, kamu bisa pertimbangkan untuk bepergian ke tempat yang baru. Tidak hanya hotel-hotel besar, namun properti butik atau hotel yang dikelola oleh keluarga juga terkena dampak virus corona.

Sementara Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan Provinsi Banten memiliki potensi besar menjadi destinasi pariwisata halal. “Kami bertekad Provinsi Banten menjadi 10 besar daerah wisata halal,” katanya. Guntur menuturkan sejak sebelum pandemi, kunjungan wisatawan muslim ke Indonesia baru sekitar tiga juta orang, 20 persen dari jumlah keseluruhan wisatawan. “Kini diharapkan industri pariwisata dapat menjadi penggerak pemulihan ekonomi nasional karena memiliki multiflier impact yang tinggi,” kata Guntur melalui keterangan tertulis. Industri pariwisata yang tidak bergerak berimbas secara besar-besaran pada berbagai sektor pendukungnya. Dengan kegiatan pariwisata yang tidak bergerak, banyak penerbangan dibatalkan serta secara tajam mengurangi perjalanan domestik maupun internasional.