Pariwisata Indonesia saat Pandemi

Pariwisata Indonesia Di Tengah Virus Corona

Begitupun untuk pendapatan anjlok sampai ninety nine persen per bulan selama pandemi. Jika sebelumnya per bulan bisa mencapai Rp 6-7 miliar, kini hanya di angka Rp 350 juta per bulan. Beruntung kondisi yang sulit ini tidak sampai mengurangi maupun merumahkan 148 orang stafnya. Karena orang akan lebih selektif memilih wisata yang bersifat privat dibanding secara group tour dan menghindari tour massal. “Dulu kita fokus mengejar Thailand, Malaysia dengan berjuta-juta wisatawan internasioal, itu saya singkat wising, saat sekarang wising itu kita masih berharap terus tapi karena Covid ini kita harus kalibrasi. Tetapi ada wisatawan nusantara yang saya singkat wisdom, ini adalah kearifan, kebijaksanaan kita, kita punya lebih dari fifty five juta warga kelas menangah yang sangat mampu dan ingin berwisata,” ujarnya, Kamis, (4/3).

Pariwisata saat ini

Mengenai UMKM, bersama masyarakat Tegal terus mendorong lewat pemanfaat teknologi menggandengstart-upTokopedia sehingga sangat membantu mereka,” terang Mantan Anggota DPRD Provinsi Jateng itu. Ada dua inovasi yang dapat dimanfaatkan para pelaku bisnis di industri pariwisata dan hotel agar mampu melewati krisis Covid-19 dan tetap eksis pada era New Normal nanti. Dikatakan Yuswohady, dua inovasi itu adalah Virtual Tourism untuk destinasi wisata dan Staycation untuk sektor perhotelan. Kebijakan membuka kembali dan memudahkan akses wisata tidak serta merta dapat menarik kembali geliat pariwisata dengan cepat, khususnya bagi wisatawan mancanegara, yang banyak menyumbang untuk pendapatan negara. Di samping itu, penerapan protokol kesehatan yang menjadi jaminan aktifitas wisata agar dapat berjalan kembali juga memerlukan kedisiplinan yang tinggi, sehingga turut membangun kepercayaan masyarakat dengan perasaan yang lebih aman dan nyaman. Perlu diketahi juga bahwa sampai saat ini kasus Covid-19 di Indonesia masih terus mengalami peningkatan.

Pasca lockdown pandemi virus corona, mereka diizinkan pulang ke negara asal mulai Jumat . Pemerintah Selandia Baru umumkan pemulangan wisatawan dengan aman dan tertib. Sebelumnya, Selandia Baru menghentikan penerbangan penjemputan oleh pemerintah asing. Sementara itu, pakar kreatif strategi pariwisata usulkan pemerintah bangun new regular destinantion. Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih menyambut baik rencana pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara pada Juli mendatang. Mengingat, masyarakat Bali yang selama ini sangat bergantung dari sektor pariwisata mengalami pukulan yang sangat berat.

Dari pelaku usaha, Sekretaris Jenderal Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Maulana Yusran mengatakan bahwa saat ini pelaku di industrinya sudah mati-matian dengan prediksi sektor pariwisata anjlok selama lima bulan. Ada banyak pelaku atau pegiat pariwisata mulai dari mereka yang bekerja di bidang penginapan, perhotelan, transportasi, pertunjukan, tour information, serta sektor lain misalnya pelaku seni dan budaya seperti seni tari, pelukis, dan pemahat. Belum lagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah termasuk industri souvenir dan kuliner. Ditegaskan, pemasaran pariwisata saat ini sangat bergantung pada penanganan pandemi Covid-19. “Bagaimana kita merencanakan dan membuat paket wisata itu yang juga bisa meningkatkan herd imunity masyarakat dan membuat perjalanan wisata tersebut aman untuk semua orang,” ucapnya.

Jika keadaan ini terus berlanjut, bisa saja sektor pariwisata Indonesia tidak akan pernah bangun dari tidurnya. Walaupun mulanya pihak rumah sakit melarang, akhirnya pasien diperbolehkan pulang ke rumah. Di tengah perjalanan pulang ke rumah, pasien meninggal dunia sekitar pukul 18.30 WIB. Dua desa yang sama-sama memiliki nama Wonorejo ini berjarak sekitar fifty three kilometer atau setara perjalanan selama 1 jam 36 menit. Pengelola akan membersihkan kolam ketika pemerintah kabupaten sudah membolehkan tempat rekreasi air dibuka.

Sekali lagi, pandemi Covid-19 memang belum berakhir, namun dalam konteks Indonesia memang ada banyak pertimbangan untuk kemudian perlahan-lahan memulai dan memulihkan kembali sektor very important penopang ekonomi Negara. Terlebih sektor pariwisata, mengingat didalamnya terdapat banyak sekali aktor, komponen, dan juga sumbangsih besar yang harus tetap dijaga guna mendukung stabilitas perekonomian negara. Islam tidak menjadikan sektor pariwisata sebagai sumber pendapatan negara, sebab Islam memiliki sumber pendapatan sendiri dengan mendayagunakan seluruh potensi kekayaan sumber daya alam yang dimiliki. Tenaga kerja yang berasal dari industri pariwisata, beber Gusti, berjumlah four Togel Online.412 orang pada tahun 2019, dimana 45% perempuan dan 55% laki-laki. Hingga saat ini sudah 106 orang tenaga kerja yang di PHK akibat terdampak COVID-19.