Pariwisata Indonesia saat Pandemi

Tantangan Pembangunan Pariwisata Berbasis Alam

Nusa Penida merupakan sebuah pulau yang sengat indah dan terletak di tenggara pulau Bali. Kenidahan Nusa Penida terdiri dari perairan yang begitu jernih, formasi tebing yang terpahat oleh ombak, serta pantai pasir putih dan vegetasi yang sangat memukau. Untuk mencapai Nusa Penida, kamu dapat menumpang berbagai moda transportasi laut dari beberapa titik di pulau Bali. Equity, pemerataan guna untuk menyeimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan di kehidupan masyarakat. Pariwisata, indonesia sangat kaya dengan kenampakan alam seperti pegunungan, lembah, air terjun, dan lain lain yang dapat dimanfaatkan menjadi tempat pariwisata. Sumber Daya Alam yang terbarukan, yang berarti sumber daya ini dapat diperbaharui dan dibudidayakan, sehingga tidak terbatas, contohnya flora dan fauna.

Bahaya lubang ozon dan terjadinya pemanasan bumi dan bentuk pencemaran lingkungan lainnya semakin mendapat perhatian dengan munculnya gerakan yang dikenal dengan Back-To-Nature. Orang-orang sekarang ingin mencari tempat-tempat yang belum disentuh teknologi, mereka ingin menyatu dengan alam. Generasi milenial memang lebih tertarik mencari pengalaman lokal dan menikmati setiap momen touring.

Misalnya pusat kongres internasional di Berlin, Gedung Senayan di Jakarta, Filipina memiliki Philippine International Convention Center. Saking cantiknya, eksotisme Pulau Ora disejajarkan dengan Pulau Maladewa atau Maldives, dan Pulau Bora-Bora di Prancis. Untuk bisa melancong ke Pulau Ora, kamu perlu merogoh kocok jutaan rupiah.

Kekayaan alam pariwisata Indonesia

Oleh karenanya penekanan dalam sosial budaya lebih kepada ketahanan budaya, integrasi sosial, kepuasan penduduk lokal, keamanan dan keselamatan, serta kesehatan publik. Pariwisata bahari merupakan bentuk implementasi dari lintas sektor antara pariwisata dan kelautan. Pariwisata ini mengembangkan dan memanfaatkan objek daya tarik wisata bahari di kawasan pesisir dan lautan Indonesia, berupa kekayaan alam yang indah, serta keragaman flora dan fauna, seperti terumbu karang dan berbagai jenis ikan. Prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan adalah pariwisata berbasis masyarakat. Prinsip ini menekankan keterlibatan masyarakat secara langsung, terhadap seluruh kegiatan pembangunan pariwisata dari mulai perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan.

Pantai ini juga unik karena terdapat daratan karang atau biasa disebut dengan tubir dimana pada saat air laut surut. Disaat itu puluhan bahkan ratusan orang turun ke pantai membawa keranjang untuk mengambil kerang. Dan terkadang berbaur dengan para wisatawan dan ikut serta kegiatan tersebut. Berdasarkan hasil survei jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia meningkat hingga 7,eighty Bandar Slot Online three juta kunjungan atau naik 4,01 persen dari sebelumnya, yaitu 7,fifty three juta kunjungan sepanjang Januari-Juni 2019 dibandingkan tahun sebelumnya (kompas.com). Peningkatan yang stabil di bidang pariwisata tentu saja membuat pemerintah Indonesia juga semakin giat dalam memantau perkembangan perbaikan tempat wisata yang berpotensi untuk menjadi salah satu penyumbang devisa negara.