Pariwisata Indonesia saat Pandemi

Wisata Gunungkidul

Bahkan sebuah monumen cinta, yaitu Taj Mahal di India, dijaga oleh tentara untuk mencegah orang berkerumun di sini. Salah satu tempat wisata uatama di kota Roma adalah Tangga Spanyol yang terletak di belakang Air Mancur Barcaccia yang berbentuk perahu. Air mancur itu mengingatkan akan keinginannya untuk selamat pada saat bencana banjir pada tahun tahun 1598. Air mancur tersebut tetap mengalir meski tidak ada orang yang melewati tangga.

Mencoba mengembangkan industri pariwisata di Indonesia

Untuk memahami peran EL di Industri Pariwisata, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu Program Experiential Learning . Secara umum Experiential Learning atau Pembelajaran Berbasis Pengalaman adalah metode pembelajaran yang menekankan pada pengalaman yang diikuti dengan refleksi hasil pembelajaran yang didapat dari pengalaman tersebut. EL bukan semata-mata belajar dari pengalaman, tapi sebuah pembelajaran yang menggunakan pengalaman sebagai media belajar.

Industri pariwisata itu sendiri merupakan kumpulan dari macam-macam perusahaan yang secara bersama menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa yang dibutuhkan wisatawan pada khususnya dan traveller pada umumnya selama dalam perjalanannya. Industri pariwisata bukanlah industri yang berdiri sendiri, tetapi merupakan suatu industri yang terdiri dari serangkaian perusahaan yang menghasilkan jasa atau produk yang berbeda satu dengan lainnya. Perbedaan itu tidak hanya dalam jasa yang dihasilkan, tetapi juga dalam besarnya perusahaan, lokasi tempat kedudukan, letak geografis, fungsi, bentuk organisasi yang mengelola dan metode atau cara pemasaranya. Begitu besarnya pengguna internet saat ini yang difasilitasi oleh Smartphone sehingga melahirkan sebuah Generasi Milenial. Sebuah generasi yang 80% eksis di dunia maya, media sosial dan media digital.

Industri kreatif juga sanggup menyerap tenaga kerja hingga 5,four juta dengan tingkat partisipasi 5,8%. Dari segi ekspor, industri kreatif telah membukukan complete ekspor 10,6% antara tahun 2002 hingga 2006. Pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi penopang perekonomian Indonesia selama ini. Namun, mewabahnya Covid-19 memberikan tantangan yang cukup besar sehingga banyak pelaku usaha pariwisata yang harus gigit jari. Selama lebih dari enam bulan dilanda pandemi, industri pariwisata menjadi lumpuh seiring dengan melemahnya perekonomian Indonesia.

Ia mengatakan masyarakat hanya akan berlibur di dalam negaranya sendiri, dengan protokol kesehatan yang lebih ketat. Sementara itu, Founder Avtech yang juga pengurus dari IATTA, Yudhi Kurniawan mengaku optimis bahwa IATTA akan dapat membantu mencapai target 20 juta wisatawan yang dicanangkan oleh pemerintahan Jokowi ditahun 2019. Berkenaan dengan perkembangan jumlah tenaga kerja menurutnya, Pemda setempat tengah Bola Online mengembangkan infrastruktur. Hal ini membuktikan bahwa sektor investasi untuk perekonomian di Jabar tumbuh positif. BANDUNG-Deputi Bank Indonesia Rosmaya Hadi mengatakan pengembangan ekonomi di wilayah Jawa Barat dilakukan dengan dua cara yaitu secara vertical dan horizontal. Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambatan dalam kinerja Public Relations Dinas Pariwisata Kabupaten X dalam pengembangan pariwisata.